Selasa, 01 November 2011

SISTEM OPERASI SERVER DAN PC

A. Perbedaan Sistem Operasi Server dan PC
Sistem operasi jaringan atau sistem operasi komputer yang dipakai sebagai server dalam jaringan komputer hampir mirip dengan sistem operasi komputer stand alone, bedanya hanya pada sistem operasi jaringan, salah satu komputer harus bertindak sebagai server bagi komputer lainnya. Sistem operasi dalam jaringan disamping berfungsi untuk mengelola sumber daya dirinya sendiri juga untuk mengelola sumber daya komputer lain yang tergabung dalam jaringan.
Sebuah sistem operasi jaringan yang tangguh dan fungsional sangat penting untuk membentuk sebuah jaringan yang efektif. Sistem operasi jaringan dapat diandaikan sebagai jantung dari sebuah jaringan, memastikan data dan informasi yang melalui jaringan, baik jaringan wired maupun wireless, dapat berjalan dengan optimal, layaknya aliran darah.
Berbeda dengan sistem operasi pada server dan PC, dimana pemilihan sistem operasi dilakukan berdasarkan preferensi pengguna atau menyesuaikan pola penggunaan sistem operasi pada perusahaan. Sedangkan pada sistem operasi jaringan, biasanya dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik sesuai jenis perangkat dan kegunaannya. Artinya ada demikian banyak pilihan sistem operasi jaringan yang kini tersedia, dan sebetulnya ini bukanlah hal yang buruk. Dengan keragaman pilihan sistem operasi jaringan memastikan kompetisi harga dan mengurangi ketergantungan dengan salah satu vendor.

B. Contoh Sistem Operasi Server dan PC
1. Sistem Operasi Server
- Microsoft Windows (Win NT, Win 2000 Server, Win Server 2003)
- Linux (Redhat, Mandrake, Debian, SUSE, Caldera dll)
- Free BSD
- San Solaris
- Novell NetWare
- Banyan VINES

2. Sistem Operasi PC : Windows XP, Windows 7, Windows 8

C. Fitur yang Terdapat OS server dan tidak ada pada OS PC
Sistem operasi jaringan (network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.


D. Spesifikasi Hardware Untuk Server
Server asli atau komputer yang sejak awal dirancang sebagai server, memang lebih bandel dibanding PC yang dijadikan server. Namun demikian, untuk sebuah server yang secerhana spesifikasinya setidaknya harus didukung dengan prosesor tinggi minimal 2 GHz, kemudian memori sedikitnya 8GB, Hard Disk minimal 200 GB atau disesuaikan dengan banyaknya penyimpanan data, untuk VGA minimal 1 GB untuk jaringan 2 x 100 Mbps.
Berikut ini adalah contoh spesifiasi untuk sebuah komputer server
- Dual Intel® Xeon® Processor E3110 (3.0 GHz, FSB 1333, Cache 6MB)
- Chipset Intel® S3200 Server Chipset
- Memori 8 GB ECC DDR2-6400 SDRAM 800 MHz
- Video Type Integrated ATI RN50 (ES1000) 16 MB
- Hard Drive SATA RAID 4 x 160 GB Serial ATA-II/300, 7200 RPM, Cache 8MB
- Networking Integrated 8 x 10/100/1000 Ethernet
- Chassis Form Factor Tower Chassis
- Power Supply Type ATX 1000w

Tidak ada komentar:

Posting Komentar